top of page

Second Wedding Anniversary

Hari ini tepat dua tahun sejak aku menikah dengan Mas Angga. Sudah lama aku ingin sharing tentang pernikahanku, dan kurasa hari ini adalah waktu yang tepat. Rangkaian acara pernikahanku dimulai dengan acara pengajian pada tanggal 10 Oktober 2014. Aku menggunakan adat Jawa Tengah dari acara siraman hingga acara panggih, sedangkan untuk acara resepsi aku menggunakan adat Lampung.


PENGAJIAN - 10 Oktober 2014 pkl 09.00

Make up: Tim Wardah

Kebetulan aku kenal dengan orang yang biasa bekerja dengan tim wardah, dan dia menawarkan make up ku disponsori oleh Wardah. Akhirnya saat itu make up ku (pengajian) dan make up keluarga besarku di make up oleh tim Wardah yang dipimpin oleh Mba Carol. Yang namanya disponsori, tentu saja gratis dengan syarat aku menggunakan brand Wardah. Menurutku make up Mba Carol bagus. Dia adalah salah satu MUA dari Wardah yang biasa me-make up Dian Pelangi dan Dewi Sandra. Sejujurnya aku puas dengan make up Mba Carol. Tapi aku kurang cocok dengan brand make up nya (Wardah) karena saat di tengah acara, make up nya luntur. Memang kurasa Wardah belum cocok digunakan untuk acara seperti pengajian pra-nikah karena pengajian pra-nikah biasa diwarnai dengan tangisan haru calon pengantin dan keluarga.


Attire: Buat Sendiri

Saat itu Mamaku memiliki sebuah butik dan membuka jasa jahit. Untuk baju pengajianku, aku memilih untuk membuatnya di butik mamaku. Aku suka sekali dengan baju pengajianku. Simple tapi elegan sesuai untuk dikenakan pada pengajian pra-nikah. Tapi saat ini butik mamaku sudah tutup dan mamaku tidak menerima jahitan lagi karena sekarang mamaku sibuk menjadi pengajar workshop kerajinan tangan (dhilaztas) seperti decoupage, one stroke painting, UV resin accessory dll. Jadi mohon maaf ya yang mau menjahit di butik mamaku sudah tidak bisa lagi. Tapi kalau kalian berminat ikut workshop bisa lho. haha jadi promosi.


Dekorasi: Watie Iskandar

Aku puas sekali dengan dekorasi pernikahanku. Semua bunganya fresh dan mayoritas bunga import. Furniture seperti kursi, dll juga bagus dan tidak pasaran. Backdrop nya juga sesuai dengan yang kuinginkan.


Kelompok Pengajian: Asy-Syifa

Aku juga sangat suka dengan kelompok pengajian Asy-Syifa. Mereka mengiringi jalannya pengajian dengan lafaz Al-Quran dan artinya yang disenandungkan dengan nada-nada dan iringan dari gitar. Ibu-ibu pengajiannya juga sangat baik. O iya, yang namanya kelompok pengajian Asy-Syifa di Jakarta ada banyak ya. Jangan sampai salah. Kelompok pengajian Asy-Syifa yang aku maksud ini cuma ada 1 dan ibu koordinatornya rumahnya di daerah Menteng (kalau belum ganti koordinatornya ya). Karena waktu itu ada saudaraku yang menggunakan kelompok pengajian Asy-Syifa tapi ternyata bukan Asy-Syifa yang kumaksud. Tentu saja berbeda dan menurutku lebih ok kelompok pengajian Asy-Syifa yang kumaksud ini. Kalau memang mau menghubungi kelompok pengajian Asy-Syifa, kontak aku saja ya. Nanti aku kasih nomor telp ibu koordinatornya :D


Fotografi: Yulianto

Yang memilih untuk menggunakan jasa yulianto photography sebenarnya adalah mamaku atas rekomendasi dari beberapa vendor yang sudah kami hire. Yulianto Photography kiprahnya memang sudah terkenal sejak dulu. Yulianto photography termasuk salah satu vendor photography yang sudah ada sejak lama dan masih berkiprah hingga saat ini. Foto-foto nya tergolong bagus. Peralatannya juga sangat lengkap. Tapi menurutku editan fotonya agak ketinggalan jaman, jadi kalah saing dengan jasa photography yang baru-baru. Tapi yang namanya editan foto itu masalah taste ya. Bisa saja menurutku bagus tapi menurut kalian tidak bagus dan begitu pula sebaliknya. Yang jelas Yulianto Photography sampai saat ini masih banyak peminatnya dan banyak juga pejabat-pejabat yang memakai jasa Yulianto Photography. Dan ada satu keutamaan yang belum pernah kutemui di photography lain yaitu pada layout albumnya, hampir di setiap lembarnya dibubuhi kata-kata mutiara, pepatah, atau kutipan Al-Quran.


Venue: Rumah Mempelai Wanita


Alphabet Catering ini menurutku ada di urutan ketiga catering top untuk acara pernikahan. Yang pertama diduduki oleh Akasya Catering. Yang kedua Dwi Tunggal Catering. Dan yang ketiga adalah Alphabet Catering. Aku menggunakan Akasya Catering untuk acara resepsi di gedung, sementara acara di rumah menggunakan Alphabet Catering. Kenapa tidak menggunakan Akasya Catering? Karena Akasya tergolong mahal dan menurutku tidak sepenting itu untuk menggunakan catering paling top untuk acara di rumah. Lalu kenapa tidak menggunakan Dwi Tunggal Catering? Alasannya adalah karena Dwi Tunggal Catering tidak menerima catering untuk di rumah pada hari Jumat, Sabtu, Minggu. Dwi Tunggal Catering hanya menerima catering untuk di gedung pada hari Jumat. Sabtu, Minggu. Tapi itu peraturan saat aku menikah dulu ya. Aku kurang update juga tentang peraturan Dwi Tunggal Catering saat ini.


Souvenir: Buat Sendiri

Karena persiapan pernikahanku tergolong lama, aku punya cukup waktu untuk menyiapkan souvenir kreasiku sendiri.



RANGKAIAN ACARA ADAT JAWA SIRAMAN - 10 Oktober 2014 pkl. 13.00




Acara Adat: Mamie Hardo

Menurutku, sanggar untuk adat jawa yang paling bagus adalah sanggar tante Mamie Hardo. Hasil sasakannya natural, make up bagus, alat-alat untuk acara adatnya bagus dan lengkap, aksesoris untuk pengantinnya bagus-bagus dan banyak pilihannya. Acara adatnya juga sangat lengkap.


Make Up: Mamie Hardo


Attire: Anne Avantie, Mamie Hardo, Adity Boutique, Paris

Kebayaku yang jumputan warna merah buatan Anne Avantie, tapi itu beli jadi bukan bikin baru. Jadi waktu itu ada pameran di JCC dan ada stand nya Anne Avantie, jadilah aku beli kebaya itu.


Kain jumputan yang aku gunakan saat siraman, disediakan oleh Tante Mamie Hardo. Tante Mamie punya kain jumputan dengan beragam warna. Aku memilih warna pink karena sesuai dengan kebaya jumputan Anne Avantie yang aku kenakan.


Jarik dan pakaian keluarga yang laki-laki semua juga disediakan dari Tante Mamie Hardo.


Kebayaku yang warna pink dan kebaya Mama ku, aku buat di Adity Boutique. Adity Boutique merupakan designer kebaya yang lumayan terkenal di Bandung dan yang paling menarik, harganya sangat amat murah dengan hasil yang sangat amat memuaskan. Dengan harga 500 ribu saja sudah dapat kebaya yang bagus dengan payet sebagian. Untuk kebayaku kalau tidak salah sekitar 1juta sekian karena untuk pengantin payetnya lebih banyak. Tapi disini ada kekurangannya, manajemennya menurutku agak kurang bagus. Kalau kita bikin banyak baju disini, terkadang ada baju yang kelewatan tidak dibuat dan bahkan pernah ada yang bahannya nyelip entah kemana :'D Dan kita juga harus sering mengingatkan baju kita untuk segera dibuat. Menurutku mereka menerima terlalu banyak order melebihi kapasitas mereka. Tapi itu pengalamanku dulu sih, mungkin sekarang manajemennya sudah lebih baik :D


Kebaya Adikku dibuat oleh Mas Paris. Mas Paris ini dulunya designer yang ikut orang. Tapi akhirnya dia memilih untuk membuka brand nya sendiri. Awal kiprahnya, kebayanya tergolong murah, tapi makin kesini makin mahal. Designnya bagus dan pernak pernik nya biasanya lucu sehingga cocok untuk Adikku yang saat itu masih SMA.


Dekorasi: Watie Iskandar


Fotografi: Yulianto


Venue: Rumah Mempelai Wanita


Catering: Alphabet Catering


Souvenir: Buat Sendiri

Souvenir siraman sepaket dengan souvenir pengajian



RANGKAIAN ACARA ADAT MIDODARENI - 10 Oktober 2014 pkl 19.00



Acara Adat: Mamie Hardo


Make Up: Mamie Hardo


Attire: Adity Boutique, Mamie Hardo, Penjahit di Majestyk

Kebayaku buatan Adity Boutique.


Semua jarik, aksesorisku, pakaian laki-laki dan aksesoris Mas Angga, Papa, dan keluarga besarku disediakan oleh Tante Mamie Hardo.


Kebaya Mama dan Adikku dijahit oleh penjahit di Majestyk. Bagus kan? Gak nyangka ya di Majestyk ternyata bisa membuat kebaya sebagus itu. Murah meriah.


Dekorasi: Watie Iskandar


Fotografi: Yulianto


Venue: Rumah Mempelai Wanita


Catering: Alphabet Catering



Untuk akad dan resepsi nya akan aku lanjutkan di blog post ku selanjutnya ya. Ini aku sertakan juga video resume acara pernikahanku. Semoga bisa membantu dan menjadi inspirasi para mempelai diluar sana :D



O iya, kalau mau melihat video pre-wedding ku bisa klik disini ya.



bottom of page